Modifikasi Motor Bebek Jadi Lebih Enak Buat Harian

motorku.net – Bagi pemilik motor bebek untuk menaikkan performa motor kesayangan ada banyak cara sebenarnya, selain melakukan bore-up yang malah akan merusak komponen mesin bila salah. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan untuk membuat motor bebek jadi lebih enak tidak terlalu mahal. Namun tenaga kuda besi jadi lebih bisa maksimal dan lebih enak dipakai untuk harian.

Untuk meningkatkan performa motor bebek sebenarnya tidaklah sulit dan tidak terlalu mahal. Yang biasanya diganti antara lain dibagian mesin, kopling, CDI atau ECU, dan knalpot.

Akan saya jelaskan satu persatu kenapa bagian dari motor itu harus diganti atau diubah.

  • CARBURATOR
    Kita bisa bermain dengan simpel, artinya kita bisa usahakan bermain yang tidak mengeluarkan biaya banyak, seperti kita bisa bermain di CARBURATOR. Biasanya motor bawaan pabrik, respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat sulit. Itu dikarenakan sepuyer yang dipalai berukuran kecil sehingga pasokan bensin kurang, motor memang jadi gesit di putaran bawah tapi top speednya loyo. Semua itu bisa diatasi dengan mengganti sepuyer pada karburator dari standarnya, tapi jangan asal mengganti, karena bisa mengakibatkan motor jadi berebet.
  • PENGAPIAN
    Di dalam motor standar, pengapian sudah di tentukan atau sudah dibatasi dari pabriknya atau yang sering kita sebut dengan pengapian LIMITER. Itu bisa diatasi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing, bagi yang tidak mau mengganti CDI bisa diakali dengan menggeser pengapian.

    Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah, tinggal melepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser, namun jangan sembarangan menggeser karena dapat berakibat motor susah hidup.

  • CAMSHAFT atau NOKEN AS
    Camshaft atau yang sering kita sebut dengan Noken As sangat berperan penting dalam mesin berbasis 4tak, sedangkan mesin dengan basis 2tak di tentukan oleh porting. Untuk yang satu ini saya tidak bisa merincikan lebih mendalam, dikarenakan saya takut kalian belum mengerti derajat untuk merubah camshaft untuk mesin 4tak dan juga berapa milimeter untuk mengangkat  porting untuk mesin 2tak, semua itu harus dengan pembelajaran yang serius dan sungguh-sungguh.
  • KNALPOT
    Untuk penggantian knalpot, biasanya pakai standar racing. Selain tenaganya bisa naik, suara knalpot juga tidak terlalu berisik dan mengganggu lingkungan sekitar. Bisa pakai CLD Racing yang C2 dengan range harga antara Rp 850-950 ribuan. Dengan mengganti knalpot, motor bebek bisa naik sekitar 2 tk. Jika ditambah mengganti bagian mesin dan kopling, keseluruhan bisa naik sekitar 5tk.

Nah, itulah bagian yang perlu diganti bila menginginkan motor bebek yang enak dan nyaman dipakai untuk harian.

Saya kasih sedikit bocoran untuk kalian yang suka membuat motor jadi kencang apalagi untuk para joki balap, semoga bisa diterapin tapi kalau ada yang salah mohon dimaafkan. Hehe.

Gini, sebelum kalian korek noken as nya, kalian harus paham dulu apa saja yang harus diperhatiin.

Pertama-tama, kalian harus mengukur camp standarnya baik yang IN maupun EX dengan alat ukur SIKMAT. Lalu catat Lift-nya dan LSA juga. Kalau untuk motor standar korek, kita tidak perlu Ekstrim untuk memangkas Cam-nya, cukup mengambil 0,5mm dari ukuran standar.

Tapi jangan salah tanggap, kalau hanya dengan pangkas Cam nya motor langsung ngacir. kalian harus mengukur KOMPRESI motor kalian, karena Cam yang sudah dirubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang tidak sedikit lagi. Jadi Otomatis Kompresi motor harus diukur ulang untuk mendapatkan power yang maksimal.

Gunakan Bured untuk mengukur kompresi, karena dengan mengukur ulang kompresi kita dapat mengetahui perbandingan kompresi standar dengan yang sudah kita ubah tadi. Karena jika kelebihan Kompresi juga tidak bagus, bisa mengakibatkan motor galak di bawah, atasnya malah madek dan malah bisa mengakibatkan kemacetan pada Seher (Piston).

Sebelum mencoba trik diatas alangkah baiknya kalian mempelajari dulu cara tuning cam agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kalian, bro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =