Meningkatkan Performa Motor Jupiter Z Dengan Menggunakan Per Kopling Satria FU

motorku.net – Selain kompresi, performa mesin sangat dipengaruhi oleh kopling. Komponen pemindah daya ini tergantung pada kesempurnaan kampas dan pegas penjepitnya. Maka dari itu, tidak aneh jika beberapa mekanik mengakali per kopling dengan produkan racing.

Sayangnya penggantian per kopling motor standar kadang tidak selalu berhasil. Apalagi kalau pemilik motor salah membeli produk racing yang tidak jelas. Akibatnya sudah jelas, tenaga dan komponen dimotor yang harus dikorbankan.

Saat dianalisa lebih lanjut, per kopling racing memiliki durability rendah. Tidak bisa dipakai untuk jangka waktu lama macam kopling di motor standar harian. Makanya jika dipakai balap yang temponya cepat, malah jelas lebih menguntungkan.

Maka dari itu, untuk lebih memaksimalkan kembali performa motor Jupiter Z yang loyo bisa menyubtitusikan dengan per kopling milik Suzuki Satria FU.

per kopling jupiter dan satria fu

Per kopling Yamaha Jupiter Z dan Suzuki Satria FU itu memiliki diameter ulir dan tinggi yang sama, namun soal kemampuan jelas berbeda. Begitu pula dengan harga yang juga jauh berbeda. Per kopling dijual satuan alias ecer. Jupiter Z menggunakan 4 per sedangkan untuk Satria FU menggunakan 5 per kopling.

Batang per FU lebih besar 0,5 mm dari Jupiter Z. Sehingga, kekuatannya untuk meregang mendorong kampas dan pelat kopling menjadi lebih kuat. Bila digunakan pada motor Jupiter, pasti tarikannya berubah menjadi lebih responsif, akibatnya tenaga dari mesin cepat tersalur ke roda lebih cepat.

Per kopling Satria FU ini juga bisa digunakan untuk motor Yamaha Vega R. Karena per koplingnya juga hampir sama.

Jika Jupiter atau Vega sudah mengganti kopling otomatisnya dengan manual pasti terasa bukaan kopling yang menjadi lebih responsif. Hanya saja kelemahannya adalah tuas kopling terasa akan lebih berat bila ditarik.

Langkah diatas bisa dicoba, namun harus memperhitungkan juga untung dan ruginya. Karena yang namanya subtitusi pastinya ada kelemahan dan kelebihannya.

Selain, dengan mengganti per kopling, untuk meningkatkan performa motor Jupiter Z bisa juga dengan mengganti noken as racing.

Noken as racing memiliki kelebihan dibanding dengan noken as standar. Noken as racing mampu menghasilkan power yang lebih besar daripada noken as standar. Selain itu noken as mampu menjaga komponen vital motor Jupiter Z menjadi lebih awet.

jupiter z pakai per kopling satria fu

Anda juga bisa mengubah ukuran gear. Untuk mengubah ukuran gear harus diperhitungkan dengan benar, karena jika salah akan memengaruhi performa motor dan konsumsi bahan bakar. Untuk menambah top speed dan power diputaran atas, bisa mengurangi ukuran gear pada bagian belakang. Sebagai pedoman, kamu juga bisa menggunakan rasio gear standar. Namun, jangan melakukan ubahan yang terlalu ekstrem.

Memilih bahan bakar yang baik juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan untuk tetap menjaga kondisi sepeda motor agar tetap dalam kondisi prima dan baik saat akan digunakan maupun tidak.

Untuk pergantian per kopling sendiri, bisa dilakukan oleh bengkel yang sudah handal atau bisa ke bengkel terdekat. Karena penggantian per kopling ini hanya bisa dilakukan oleh sang ahlinya saja. Hehe.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai meningkatkan performa sepeda motor Jupiter Z menggunakan per kopling milik Suzuki Satria FU. Semoga penjelasan ini bisa membantu Anda yang sedang ingin mencoba meningkatkan performa sepada motor Jupiter Z yang sedang loyo dan tidak bertenaga.

Saat tenaga motor Anda sudah responsif jangan lupakan untuk tetap safety ridding dalam berkendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =