Lima Hal Yang Harus Anda Hindari Jika Anda Adalah Pengendara Motor Trail Pemula

Pengendara motor trail pemula
Pengendara motor trail pemula

Artikel ini akan membahas tentang lima hal yang harus Anda hindari jika Anda adalah pengendara motor trail pemula. Naik motor trail lengkap dengan wearpack dan helm cross atau supermoto tentu akan membuat Anda terlihat gagah dan macho. Namun, menunggangi motor garuk tanah tentu saja berbeda dengan menyemplak motor bebek, matic atau sport jalan raya. Diperlukan adaptasi dan pembiasaan dahulu bagi para pemula untuk dapat menjinakkan si liar motor trail.

Adaptasi dan pembiasaan bagi para pemula untuk dapat menjinakkan si liar motor trail
Adaptasi dan pembiasaan bagi para pemula untuk dapat menjinakkan si liar motor trail

Berikut ini adalah lima hal yang harus Anda hindari jika Anda adalah pengendara motor trail pemula:

  1. Meniru aksi para crosser profesional. Namanya juga crosser profesional, tentu mereka sudah berlatih tekun sebelum melakukan aksi-aksi menawan di atas motor trail. Namun, kadang para pemula terpacu adrenalinnya untuk melakukan aksi serupa ketika berada di atas motor trail yang dapat berakibat fatal.
  2. Memelintir gas dalam-dalam secara tiba-tiba. Ini sangat berbahaya bagi mereka yang belum mengenal betul karakter mesin motor trail yang galak di putaran bawah. Sebaiknya jangan memelintir gas dalam-dalam secara tiba-tiba karena Anda bisa kaget dan terjungkal.
  3. Mengebut di jalan raya (aspal), terutama jika motor trail yang Anda kendarai menggunakan ban jenis dirt bike yang kurang maksimal di jalan beraspal. Salah-salah, Anda bisa terpelanting akibat memacu motor trail yang seharusnya diperuntukkan bagi lintasan tanah namun Anda perlakukan seperti motor lintasan aspal.
  4. Membelok dengan teknik rebah seperti motor sport di jalan raya. Postur motor trail yang jangkung dengan kemudi tegak, putaran bawah galak dan ban beralur kotak-kotak tentu kurang cocok jika diajak rebah ketika membelok. Ada teknik belok tersendiri dalam mengendarai motor trail pada kecepatan tinggi. Umumnya salah satu kaki pengendara akan diturunkan untuk menjaga keseimbangan. Berlatih lah dan kenali karakter motor trail Anda terlebih dahulu sebelum melibas belokan tajam.
  5. Sengaja memilih lintasan berbatu yang terjal dan berbahaya. Walaupun kita sering menonton video aksi para crosser melewati lintasan ekstrim yang berbatu dan terjal, sebagai pengendara motor trail pemula tentu Anda membutuhkan adaptasi dan latihan sebelum meniru aksi tersebut. Meskipun terlihat mudah, namun salah sedikit saja dalam memilih jalur dapat berakibat fatal.

Itu lah lima hal yang harus Anda hindari jika Anda adalah pengendara motor trail pemula. Mengendarai motor trail di alam terbuka tentu sangat menyenangkan, namun harus diingat juga bahwa sebagai pengendara motor trail pemula Anda harus memperhatikan hal-hal tersebut di atas demi keselamatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =