Inspirasi Modifikasi Mesin Motor Honda Tiger supaya Lebih Enak Dipakai Touring Jarak Jauh

Modifikasi mesin Tiger 2016 yang banyak dilakukan oleh kalangan penikmat touring (perjalanan jauh) menjadi sorotan para pecinta motor sport. Dalam hal umur, motor Tiger keluaran Honda memang sudah beberapa generasi, namun peminat dari mesin motor Honda yang satu ini tidak pernah surut. Hal ini terbukti dengan banyaknya klub-klub motor Tiger yang sering mengadakan touring ke berbagai daerah dan mengadakan acara klub di berbagai tempat.

Sebelum melakukan perombakan atau modifikasi mesin Tiger ada beberapa hal yang harus diketahui. Salah satunya spesifikasi mesin standart dari motor Honda Tiger ini.

Honda Tiger berkapasitas mesin 200cc dengan tipe 4 langkat (four stroke engine, SOHC dipadu dengan adanya system pendingin cair (radiator).

Mesin Honda Tiger dapat memberikan tenaga maks 16,7 PS pada putaran mesin 8500rpm dengan torsi maks pada mesin Honda yakni 1,34 kg.m pada putaran 7.000rpm. Itu standar mesin Honda Tiger dari pabriknya. Namun kebiasaan touring membuat peningkatan performa diperlukan.

Ketika mengubah atau modifikasi mesin Tiger berstandar touring, maka performa yang lebih cepat diperlukan sehingga diperlukan juga beberapa peralatan. Adapun peralatan yang diperlukan antara lain:

  1. Noken As (camshaft)
    Noken As (camshaft) menjadi komponen modifikasi mesin Tiger yang sangat berpengaruh pada kecepatan kendaraan. Waktu/ timing buka tutup klep masuk dan buang dapat mempengaruhi power yang mampu dihasilkan.
    Suku cadang khusus untuk pembaruan mesin Tiger ini masih jarang dijual dipasaran jadi Anda kelihatannya harus bersusah payah mendapatkannya. Untuk pemasangannya Anda cukup melakukan riset sendiri dengan perbandingan melebihi kebutuhan harian yakni cukup dibubut 1mm dengan durasi 266’ dihitung saat klep mengangkat 1mm pada setelan 0,1 mm.
  2. Piston
    Piston juga berpengaruh besar pada kecepatan. Supaya ledakan dalam ruang bakar lebih dasyat dengan kompresi dinaikan, gunakan piston Honda GL Pro/ MegaPro. Piston ini hanya tinggal dipasang karena kesesuaian yang pas dibagian coakan klep cukup diperdalam hingga 1mm biar tidak berbenturan dengan klep.
  3. Kepala silinder perlu diportig dan polish
    Tambahkan setting klep sedikit renggang serta perlu dibubut sedikit dan sudut diatur ulang kembali sesuai keperluan. Hal ini bertujuan guna aliran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar lancar dan terarah. Dan juga sisa-sisa pem
  4. Karburator
    Suku cadang ini berfungsi agar aliran dan sedotan menuju ruang bahan bakar meningkat. Tidak perlu diganti hanya saja venturinya di reamer menjadi 28 mm, dari standartnya yang hanya 26 mm. Jangan juga setting spuyer sesuai kemampuan Mungkin pilot jet up one step jadi 40 namun bisa juga standartnya.
  5. Kopling
    Modifikasi mesin Tiger juga perlu pada bagian koplin Agar mesin lebih cepat serta agresif tenaga yang dihimpun tidak sia-sia dikarenakan sellip kopling, cukup memakai kampas kopling setebal 2mm per koplingnya. Hasilnya tenaga yang sempurna dan tidak sia-sia akan muncul pada modifikasi mesin Tiger Anda.

Itulah inspirasi modifikasi mesin Tiger untuk perjalanan touring jarak jauh. Modifikasi yang tepat akan membuat tunggangan menjadi semakin aman dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =