Hasil MotoGP 2017 Jerez : Dani Pedrosa Tempati Podium Utama GP Spanyol

motorku.net – Perhelatan akbar MotoGP 2017 Jerez telah usai digelar. Dani Pedrosa tampil sebagai pemenang diikuti oleh Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

Dani Pedrosa memegangi pole position dengan cemerlang, mempertahankan posisi tersebut sedari lap pertama hingga terakhir. Pebalap 31 tahun itu langsung membangun jarak dengan para pebalap di belakangnya dan tak tersentuh hingga akhir balapan. Dan berakhir dengan dirinya menjadi juara pada balapan MotoGP Jerez 2017 kali ini.

Dani Pedrosa sendiri cukup terkejut dengan hasil yang ia peroleh di MotoGP Spanyol. Lebih dari itu, ia puas dengan hasil Repsol Honda Team yang sukses finish 1 dan 2.

Dani Pedrosa Tempati Podium Utama MotoGP 2017 Jerez
Dani Pedrosa Tempati Podium Utama MotoGP 2017 Jerez

“Menakjubkan bisa memetik kemenangan ini karena rival-rival kami tampil tidak sebagus biasanya, untuk sejumlah alasan. Saya tak tahu situasinya,” kata Pedrosa, “normalnya mereka favorit di trek ini dan seperti biasanya, setiap tahun setidaknya satu motor mereka ada di podium. Kami mengembalikan sejumlah poin yang hilang setelah kesalahan di Argentina. Ini cukup bagus untuk kami dan menarik untuk kejuaraan,” tambahnya.

Untuk Marc Marquez pun harus berpuas diri berada di podium kedua. Ia tak berhasil menyalip rekan setimnya Dani Pedrosa. Namun demikian, Marquez mengaku bersyukur masih bisa naik podium.

“Pertama-tama, saya sangat senang bisa berada di tempat kedua karena normalnya di Jerez ini adalah salah satu trek tersulit untuk gaya balap saya,” ungkap Marquez, “saya sangat berkonsentrasi dan mampu berusaha keras sampai putaran-putaran terakhir dan kemudian berkata ke diri sendiri ‘Oke, tempat kedua’ cukup,” lanjutnya.

Podium ketiga ditempati oleh pembalap Ducati, Jorge Lorenzo. Lorenzo pun senang bukan main karena bisa finish ketiga di MotoGP spanyol. Hasil yang disebutnya di luar dugaan itu terasa seperti sebuah kemenangan baginya.

Jorge Lorenzo Juara 3 MotoGP 2017 Jerez
Jorge Lorenzo Juara 3 MotoGP 2017 Jerez

Hasil ini setidaknya menjadi udara segar untuk Lorenzo bersama Ducati. Sebelumnya di tiga seri pertama, hasil yang dipetiknya sudah mengecewakan.

“Ini terasa seperti sebuah kemenangan. Mendapatkan podium dengan sebuah motor Ducati, motor yang spesial ini, motor yang sulit ditaklukkan ini, membuat saya sangat-sangat bangga, sangat senang,” kata Lorenzo, “saya tidak memperkirakan ini. Saya sebelumnya memperkirakan untuk bertarung memperebutkan posisi lima atau enam,” tutup Lorenzo.

Posisi lima besar pada balapan ini adalah Zarco dan Andrea Dovizioso.

Duo Movistar Yamaha yang disebut-sebut akan menapaki podium teratas pun meraih hasil buruk. Vinales finish di posisi keenam sementara Rossi di posisi kesepuluh.

Namun Rossi masih memimpin Klasemen sementara dengan 62 poin, diikuti rekan setimnya Vinales dengan 60 poin, dan Marquez 58 poin.

Pada balapan MotoGP 2017 Jerez ini ada kejadian menarik perhatian dunia, yaitu insiden antara Miller dengan Bautista yang terjatuh di lap kelima. Pembalap Marc VDS, jack Miller ini start di posisi 10 ini tampil tertekan. Dan pada lap kelima ia merasa rider asal Australia, Alvaro Bautista (Aspar Team) merasa menghalangi jalan Miller.

Alhasil setelah tabrakan itu, Miller mendekati Bautitsa sambil marah-marah. Setelah balap usai, Miller merasa lega telah meluapkan emosinya pada Bautista.

Bagi Pedrosa hasil ini diakui cukup mengejutkan karena motor-motor bermesin Yamaha cenderung punya keunggulan di Jerez. Alih-alih bersaing untuk kemenangan, dua pebalap pabrikan Yamaha yakni Maverick Vinales dan Valentino Rossi, mengalami kesulitan dengan ban dan hanya finis di posisi enam dan 10 secara berurutan.

Maka tak hanya para pebalap Repsol Honda sukses menebus kegagalan finis di Argentina, hasil-hasil di Jerez ini juga meramaikan kembali persaingan kejuaraan dunia.

Hasil Balapan MotoGP Spanyol
Pos-Pebalap-Tim-Waktu

1. Dani Pedrosa (Spain) Honda 45:26.827
2. Marc Marquez (Spain) Honda 45:32.963
3. Jorge Lorenzo (Spain) Ducati 45:41.594
4. Johann Zarco (France) Yamaha 45:44.428
5. Andrea Dovizioso (Italy) Ducati 45:49.740
6. Maverick Vinales (Spain) Yamaha 45:51.383
7. Danilo Petrucci (Italy) Ducati 45:51.786
8. Jonas Folger (Germany) Yamaha 45:54.548
9. Aleix Espargaro (Spain) Aprilia 45:58.060
10. Valentino Rossi (Italy) Yamaha 46:05.509
11. Scott Redding (Britain) Ducati 46:07.806
12. Hector Barbera (Spain) Ducati 46:10.026
13. Loris Baz (France) Ducati 46:10.038
14. Bradley Smith (Britain) KTM 46:14.791
15. Karel Abraham (Czech Republic) Ducati 46:18.106

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − eight =