Faktor Utama Penyebab Suspensi Belakang Motor Cepat Mengalami Aus

Shockbeaker
Shockbeaker

Supsensi belakang merupakan bagian yang penting pada sepeda motor untuk meredam getaran namun juga yang paling rentan mengalami aus oleh karena itu artikel ini akan membahas faktor utama penyebab suspensi belakang motor cepat mengalami aus.

Tak hanya suspensi belakang motor standar harian saja, namun suspensi belakang motor premium dengan harga belasan juta rupiah yang dipakai di lintasan balap pun juga rentan mengalami aus bahkan rata-rata tim balap pun cuma memakai suspensi belakang motor mahal selama setahun saja, lalu harus mengganti dengan yang baru. Lalu, apa faktor utama penyebab suspensi belakang motor cepat mengalami aus?

Menurut Niklas Bjorkman, R&D Motorcycle Project dari merk suspensi motor kelas dunia Ohlins, umur suspensi belakang berkaitan dengan perawatan dan kebersihan dari sang mekanik yang menangani motor. “Sehelai rambut saja bisa bikin as shockbreaker cacat,” ujarnya. Jadi, bersih tidaknya suspensi belakang merupakan faktor utama penyebab suspensi belakang motor cepat mengalami aus.

 

perawatan shockbeaker
perawatan shockbeaker

Menurut desainer merk shockbreaker asal Swedia untuk balapan underbone di Indonesia itu, faktor utama penyebab suspensi belakang motor cepat mengalami aus adalah dari debu-debu halus yang menempel di as suspensi motor yang lambat laun bisa merusak seal shockbreaker dan pada akhirnya bisa melukai as shockbreaker bila didiamkan. Hal itu akan mengakibatkan seal bocor dan pelumas pun berkurang.

Seperti yang dikutip oleh tabloid Motorplus, menurut Bjorkman, faktor utama penyebab suspensi motor cepat mengalami aus itu bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan di sektor as shockbreaker dan sebisa mungkin tidak membebani salah satu shockbreaker belakang dengan terlalu sering memarkir motor menggunakan standar samping.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + ten =