Cara Yang Benar Melewati Blindspot di Jalan Raya yang Belum Dikenal

Di titik ini Anda berada di Blindspot
Di titik ini Anda berada di Blindspot

Artikel ini akan membahas cara yang benar melewati blindspot di jalan raya yang belum dikenal. Blindspot atau area “buta” adalah suatu area pada jalan raya yang sangat terbatas visibilitasnya karena topografinya, kecuramannya, atau faktor rintangan alam lainnya yang dapat menghalangi pandangan mata.

Di jalan raya yang belum dikenal atau belum pernah kita lewati sebelumnya, tentu area blindspot ini sangat berbahaya karena kita tidak tahu apa yang akan kita temui setelah melewati area blindspot tersebut. Bisa jadi ada kendaraan dari arah berlawanan yang tengah melaju kencang, kendaraan yang sedang mogok di jalan, atau jurang yang berbahaya di tepi jalan. Oleh karena itu lah kita perlu tahu cara yang benar melewati blindspot di jalan raya yang belum dikenal.

Melewati Blindspot di Jalan Raya yang Belum Dikenal
Melewati Blindspot di Jalan Raya yang Belum Dikenal

Beberapa cara yang benar melewati blindspot di jalan raya yang belum dikenal di antaranya yaitu:

  1. Nyalakan lampu jauh sebelum memasuki area blindspot untuk memberi tanda kepada pengendara lain dari arah berlawanan. Namun harus diingat, begitu berpapasan dengan kendaraan dari arah berlawanan sebaiknya matikan lampu jauh dan gunakan lampu dekat kembali agar tidak menyilaukan pengendara di depan.
  2. Bunyikan klakson sebelum memasuki area blindspot.
  3. Kurangi kecepatan sebelum melewati area blindspot karena kita tak pernah tahu apa yang menunggu kita di balik blindspot tersebut.
  4. Ambil ancang-ancang yang cukup sekiranya blindspot tersebut merupakan tanjakan yang cukup terjal, jangan sampai terhenti di tengah jalan.
  5. Sebaiknya cari informasi tentang jalan raya yang hendak kita lewati dan belum dikenal, dan petakan titik mana saja yang bisa masuk kategori blindspot.

Itulah beberapa cara yang benar melewati blindspot di jalan raya yang belum dikenal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − three =