Cara Simpel Merawat Motor Matic Agar Tetap Normal dan Tidak Gampang Rusak

 

perbedaan motor matic dan motor manual
perbedaan motor matic dan motor manual

Motor matic yang kini semakin marak memiliki perbedaan dibandingkan dengan motor manual dan ada cara simpel merawat motor matic agar tetap normal dan tidak gampang rusak. Berbeda dengan motor manual, motor matic memiliki beberapa komponen penting yang tidak ditemukan di motor manual dan membutuhkan perawatan khusus.

perawatan motor matic
perawatan motor matic

Berikut ini beberapa cara simpel merawat motor matic agar tetap normal dan tidak gampang rusak:

  1. Biasakan untuk memanasi mesin motor matic dahulu sebelum digunakan. Memanaskan motor dalam keadaan statis selama kurang lebih 1-5 menit dimaksudkan agar seluruh bagian komponen mesin terlapisi oleh oli pelumas sebelum motor berjalan.
  2. Berkendara lah dengan kecepatan yang konstan dan sebisa mungkin jangan mengubah kecepatan motor secara drastis dengan mendadak. Motor matic tidak menggunakan gearbox manual sehingga untuk berakselerasi secara mendadak memerlukan tenaga yang lebih besar dan kinerja mesin dipacu ekstra. Alhasil, usia mesin pun menjadi lebih pendek.
  3. Lakukan servis rutin di bengkel resmi atau bengkel terpercaya setidaknya setiap 2-3 bulan sekali atau setiap mencapai 2.000 km. Servis rutin yang dilakukan dengan disiplin akan memperpanjang usia pakai mesin dan memaksimalkan performa motor.
  4. Oli mesin harus diganti secara rutin, kalau bisa bersamaan dengan jadwal servis rutin. Oli mesin yang telah keruh dan berubah warna harus segera diganti karena mengandung partikel-partikel sepihan logam berukuran nano yang dapat merusak bagian dalam mesin.
  5. Cek secara rutin sektor paling penting pada sistem pengapian motor, yakni busi dan aki. Jika dua komponen ini dalam keadaan prima, maka tenaga motor pun juga akan prima.
  6. Jangan biarkan tangki bensin terlalu kosong atau mendekati empty karena ruang kosong pada tangki bensin dapat terisi oleh udara yang nantinya akan mengalami proses oksidasi sehingga dapat menimbulkan karat di dinding tangki bagian dalam.
  7. Jika rantai dan gear set pada motor manual memiliki peran yang vital, begitu pula peran vent beltdan roller pada motor matic. Jika rantai motor manual putus masih bisa diakali atau disambung kembali, maka vent belt yang putus tidak dapat diakali kecuali harus diganti. Oleh karena itu, pengecekan rutin wajib dilakukan pada komponen ini daripada mengalami masalah di tengah perjalanan.

Demikianlah beberapa cara simpel merawat motor matic agar tetap normal dan tidak gampang rusak. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =