Cara Simpel Merawat dan Membersihkan Jok Sepeda Motor Agar Tetap Awet dan Bersih

Perawatan pakai KIT kurang nyaman karna membuat jok makin licin
Perawatan pakai KIT kurang nyaman karna membuat jok makin licin

Artikel ini akan membahas cara simpel merawat dan membersihkan jok sepeda motor agar tetap awet dan bersih dalam waktu yang lama. Walaupun terkadang dilupakan, jok sepeda motor memiliki peran yang sangat penting dan jika mengalami kerusakan atau busanya kempes tentu saja kenyamanan berkendara menjadi berkurang bukan?

Cara simpel merawat dan membersihkan jok sepeda motor agar tetap awet dan bersih adalah dengan rutin membersihkannya menggunakan kain lap bersih yang telah dibasahi dengan minyak goreng atau minyak tanah terlebih dahulu. Setelah dilap dengan cara seperti ini, cukup dikeringkan dengan diseka menggunakan kain lap kering yang bersih.

perawatan jok dengan minyak tanah
perawatan jok dengan minyak tanah

Perlu diketahui bahwa cara simpel merawat dan membersihkan jok sepeda motor agar tetap awet dan bersih seperti di atas sudah cukup untuk membersihkan jok motor dari noda dan kotoran yang menempel. Kulit jok sepeda motor tidak perlu disemprot menggunakan cairan pengkilap ban atau body motor karena justru akan membuatnya licin. Tidak perlu juga memoles jok sepeda motor dengan semir sepatu karena senyawa kimianya bisa merusak lapisan kulit jok sepeda motor.

Untuk menjaga kualitas kulit jok sepeda motor dan busa yang ada di dalamya, sebisa mungkin jangan biarkan sepeda motor terlalu lama terpapar oleh sinar matahari langsung terutama di siang hari yang terik. Demikian juga sebaliknya, tak boleh dibiarkan sepeda motor diguyur hujan seharian. Baik panas terik maupun air hujan yang bersifat asam bisa merusak lapisan kulit jok motor dan juga busa yang ada di dalamnya. Itu lah sekelumit hal tentang cara simpel merawat dan membersihkan jok sepeda motor agar tetap awet dan bersih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 19 =