Cara Sederhana Mengatasi Aki Kering Soak

motorku.net – Aki kering bila soak atau mati total biasanya memang tidak memberikan tanda-tanda atau gejala terlebih dahulu. Memang agak sedikit berbeda dengan aki basah yang mana jika aki tersebut akan mati atau soak akan ada gejala yang timbul, seperti tidak kuat untuk menyalakan mesin, suata klakson menjadi lebih pelan, atau lampu-lampu yang terhubung dengan aki nyalanya redup.

Namun tanda-tanda seperti diatas kebanyakan tidak terjadi pada kendaraan yang menggunakan aki kering, karena biasanya terjadi secara mendadak.

Saat aki kendaraan mati total atau soak, maka fungsi komponen-komponen kendaraan yang berhubungan dengan kelistrikan menjadi tidak maksimal. Bahkan terkadang tidak bisa digunakan, sehingga mengurangi kenyamanan saat berkendara. Coba saja bayangkan jika kita berkendara tanpa lampu rem, tanpa klakson dan tanpa lampu sein, tentu akan terasa kurang nyaman.

Maka dari itu, jika aki soak atau mati total sebaiknya segera diganti dengan uang baru, agar komponen-komponen kendaraan yang berhubungan dengan kelistrikan dapat kembali berfungsi dan bekerja denngan baik dan optimal.

cara memperbaiki aki kering motor yang soak

Namun bila tidak memiliki cukup uang untuk mengganti aki baru, maka harus menggunakan tips-tips tertentu untuk mengatasinya. Untuk pengguna kendaraan khususnya sepeda motor yang menggunakan aki kering, mungkin sobat bisa mencoba cara ini agar aki kering sepeda motor yang sudah soak atau mati total bisa digunakan kembali seperti semula.

Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita bahas bersama mengenai cara sederhana mengatasi aki kering yang soak atau mati total agar bisa digunakan kembali seperti semula. Meski tidak menjamin pasti berhasil, namun dari beberapa kali percobaan, sekitar 70% diantaranya berhasil dan aki yang sudah mati dapat dipakai kembali.

Sebelum memulai pekerjaan ini maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan, diantaranya adalah obeng plus atau kembang obeng, suntikan bekas tinta printer, air aki yang biasa digunakan untuk mengisi aki basah, tapi gunakan yang accuzur jangan air aki yang biasa.

Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan, maka sekarang kita bisa memulai pekerjaan ini. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Copot aki dari sepeda motor dengan cara membuka dek penutupnya menggunakan obeng kembang atau obeng plus, kemudian copot baut kabel aki untuk melepaskannya.

2. Setelah aki dilepas dari sepeda motor, buka penutup dibagian atas aki menggunakan obeng minus, biasanya penutup tersebut agak sulit untuk dibuka. Karena memang dari pabrik tidak dianjurkan untuk membukanya.

3. Setelah penutup pada bagian atas aki berhasil dibuka. Langkah selanjutnya buka penutup lubang yang ada didalamnya. Kemudian isikan accuzur kedalam lubang-lubang tersebut dengan takaran kurang lebih 20-25 ml untuk setiap lubangnya menggunakan suntikan bekas tinta printer.

4. Setelah selesai, tutup kembali lubang-lubang tersebut, dan pasang kembali tutup plaastik dibagian atas aki seperti semula.

5. Pasang kembali aki pada sepeda motor, kemudian nyalakan mesinnya selama kurang lebih 15 menit dan gunakanlah sepeda motor tersebut untuk berjalan agar akinya terisi dan menyimpan setrum, sehingga bisa digunakan untuk menghidupkan komponen-komponen sepeda motor yang berhubungan dengan kelistrikan.

Nah, demikianlah sedikit pembahasan yang bisa saya sampaikan di kesempatam kali ini mengenai cara sederhana mengatasi aki kering yang soal atau mati total, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya.

Salam gass poll dan tetap budayakan safety ridding, guys!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + nine =