Cara Melakukan Oversize Mesin Motor Honda Grand Yang Baik Dan Benar

Honda Grand merupakan salah satu motor yang paling banyak digunakan untuk bahan modifikasi dan riset tentang modifikasi mesin. Dalam hal ini hoda grand juga salah satu yang dikonteskan dalam ajang kontes modifikasi motor. Namun tahukah Anda saat ini banyak sekali yang melakukan cara oversize pada motor Honda Grand guna menaikan performa dan oversize mesin.

Dalam melakukan oversize ada beberapa cara yang banyak dilakukan, namun pada umumnya oversize dilakukan oleh para ahli. Berikut cara oversize pada motor Honda Grand.

  1. Mengganti piston
    Pergantian piston adalah hal yang penting pertama perlu dilakukan. Untuk menjadi 125 cc bisa digunakan piston dari motor Kawazaki Blitz Joy dengan diameter 56. Saat pergantian lubang pada crankcase harus diperbesar agar boring bisa muat kedalamnya. Dan lakukan pengecekan pada coakan klep tidak kurang dari lift klep, pada umumnya coakan juga mengalami modifikasi ulang.
  2. Ganti klep
    Lalu supaya piston tidak berbenturan dengan paying klep, namun klep juga bisa diganti dengan menggunakan klep shogun SP untuk keduanya (noken as dan klep).
  3. Gunakan CDI Aftermarket
    Sedang pengapiannya, Anda bisa menggunakan CDI aftermarket seperti BRT dan merek- merek lainn Hal itu dikarenakan pengapian harus lebih baik lagi, sebab bahan bakar akan lebih baik bila penggunaan karbu miliki shogun SP/ PE24 sudah terpasang pada grand modifikasi Anda.
  4. Haluskan Lubang masuk dan Buang
    Bila sudah diganti dengan beberapa komponen modifan maka penghalusan lubang masuk dan buang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan asupan bahan bakar dan pembuangan bisa lancar. Bila kurang bisa lubang in dan eks-nya bisa dibesarkan menjadi 1mm dan hingga 2mm. dengan semua hal itu tidak ubahnya knapotnya pun harus diupgrade lagi.
  5. Modifikasi knalpot
    Untuk urusan knalpot bisa menggunakan aftermarket lainnya maupun melakukan pembubutan sendiri. Keempat cara oversize pada motor Honda Grand diatas harus dilakukan oleh ahli/montir khusus. Jika melakukannya sendiri maka Anda juga harus bersiap dengan resikonya, namun tidak ada salahnya mencoba bukan?

Dibutuhkan keahlian dalam menyetel semua komponen tersebut agar cara oversize pada motor Honda Grand dapat teraplikasikan dengan baik. Namun bila menghitung biaya yang akan dikeluarkan juga tidak cukup bisa melakukan modifkasi secara bertahap- tahap. Setiap modifier memiliki keunikan tersendiri, maka jadinya hanya Honda Grand yang mampu dirombak suka- suka sebab konsep mesin yang mudah dan perbandingan suku cadang atau aftermarket yang sama banyak tersedia di pasaran alat motor.

Setelah melakukan cara oversize pada motor Honda Grand pada mesin, yang tak kalah penting adalah melakukan modifikasi bagian bodi dan desain tampilan agar semakin mentereng dan keren. Itulah sedikit info yang bisa dirangkum terkait cara oversize pada motor Honda Grand. Semoga sukses!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 4 =