Apa Saja Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Sepeda Motor Second

tips membeli motor second
tips membeli motor second

Membeli sepeda motor second memang bisa dijadikan alternatif yang paling masuk akal ketika budget terbatas untuk membeli unit sepeda motor baru. Namun, perlu dipahami juga bahwa yang namanya motor second tentu memiliki kekuarangan-kekurangan dibandingkan membeli motor baru baik dari segi teknis mesinnya atau legalitas dokumen-dokumennya. Oleh karena itu, perlu dicermati betul hal-hal yang menyangkut kelengkapan sepeda motor second itu dan juga apa saja yang harus dilakukan setelah membeli sepeda motor second.

Tidak hanya cermat saat sebelum membeli sepeda motor second namun pembeli juga harus tahu apa saja yang harus dilakukan setelah membeli sepeda motor second agar tidak menemukan kendala atau kesulitan di kemudian hari.

Penasaran tentang apa saja yang harus dilakukan setelah membeli sepeda motor second? Tenang, artikel ini akan membahas tentang hal itu agar Anda tidak ragu lagi dalam membeli motor second karena sudah memahami segala resiko dari pembelian motor second dan apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari resiko kerusakan atau masalah legalitas dokumen sepeda motor second.

Yang pertama dari apa saja yang harus dilakukan setelah membeli sepeda motor second yakni melakukan pengecekan menyeluruh di sektor mesin karena tentu pembeli tidak mungkin mengecek seluruh mesin ketika membeli sepeda motor second bukan? Jika pembeli kurang memahami mesin sepeda motor, sebaiknya langsung bawa ke bengkel sepeda motor terpercaya untuk mendapatkan diagnosa lengkap tentang kondisi sepeda motor second tersebut.

Sebaiknya langsung lakukan servis besar dan ganti oli pelumas mesin tersebut begitu pembeli mendapatkan unit motor second-nya. Hal itu penting karena pembeli tidak akan pernah mengetahui bagaimana pemilik lama merawat sepeda motor tersebut.

servis setelah beli motor second
servis setelah beli motor second

Cek pula legalitas surat-surat dan pajaknya. Walaupun Anda sudah mendapatkan gambaran tentang kelengkapan surat dan pajaknya sebelum Anda membeli sepeda motor second tersebut, maka sebaiknya Anda langsung mengeceknya apakah pajak perlu diperpanjang sesegera mungkin atau tidak. Disamping itu, semakin cepat Anda melakukan proses balik nama kepemilikan kendaraan bermotor akan semakin baik agar Anda terhindar dari kemungkinan masalah hukum yang berkaitan dengan kepemilikan sepeda motor.

Langkah selanjutnya dari apa saja yang harus dilakukan setelah membeli sepeda motor second yakni membiasakan diri untuk mengendarai sepeda motor tersebut. Hal ini berguna untuk mengenali karakter sepeda motor second yang telah dibeli, terutama jika sepeda motor second tersebut memiliki spesifikasi mesin yang jauh berbeda dengan sepeda motor yang biasa dipakai oleh pembeli sebelumnya.

Itu lah beberapa hal yang dapat saya sampaikan berkenaan dengan apa saja yang harus dilakukan setelah membeli sepeda motor second. Harus diingat kembali bahwa yang namanya sepeda motor second tentu jangan diharapkan seperti sepeda motor baru yang nyaman, lancar dan tanpa masalah. Selamat membeli sepeda motor second.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − fourteen =