8 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Touring Dengan Motor

motorku.net – Touring merupakan bahan keren dari melakukan perjalanan jarak jauh. Touring sendiri untuk sebagian banyak orang sangat menyenangkan karena kita bisa fun dan senang melihat pemandangan yang ada di jalan saat akan menuju ke suatu tempat.

Biasanya kegiatan touring ini biasanya dilakukan secara berkelompok, karena dengan hal ini akan membuat anggota touring akan merasa aman karena akan ada yang membantu jika suatu anggota mengalami suatu masalah.

Supaya perjalanan touring Anda bisa diraih dengan fun dan maksimal, maka ada beberapa hal yang penting harus Anda perhatikan, tentu ini demi mendapatkan kenyamanan saat berkendara.

8 hal yang perlu disiapkan sebelum touring dengan motor

Perhatikan 3 Hal ini Dalam Diri Anda Sebelum Melakukan Touring

  • Kondisi sehat jasmani
  • Sehat rohani
  • Sehat finansial

Tiga hal diatas tentu harus terpenuhi, karea bila salah satunya tidak terpenuhi maka perjalanan touring Anda akan berbahaya. Salah satunya seperti kurang sehat finansial. Nanti malah repot lagi. Hehe.

Untuk selanjutnya Anda bisa menentukan destinasi atau rute yang akan dilalui, serta waktu yang tepat. Jika destinasi yang akan dituju sudah familiar, maka tinggal mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan. Namun bila destinasi yang akan dituju baru pertama kalinya maka yang harus dilakukan adalah survey tempat dengan bantuan google maps untuk rute perjalanan yang akan dilalui.

Jika destinasi dan rute yang dilalui sudah dirasa OK, selanjutnya Anda tinggal mempersiapkan riders (pengendara) dan pendampingnya (boncenger).

7 Kesiapan Pengendara Yang Harus Ada

perlengkapan touring dengan sepeda motor

  1. Cek helm yang sudah standard SNI (aman dan nyaman untuk digunakan).
  2. Jaket motor yang pas dan agak tebal.
  3. Glove/sarung tangan. Cari dan gunakan untuk mengendarai motor agar lebih safety.
  4. Gunakan sepatu/boots.
  5. Protector bagian kaki dan siku (optional).
  6. Sunglasses atau kacamata (optional).
  7. Perangkat GPS jika perlu atau bisa menggunakan fasilitas di android dan kamera (apabila ada pemandangan bagus, Anda bisa langsung jepret. Hehe).

Jika semua persiapan untuk rider atau pengendara sudah siap. Maka langkah selanjutnya Anda tinggal mempersiapkan kendaraan yang akan dibawa pergi untuk touring.

8 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Touring Dengan Motor

mengecek semua mesin sepeda motor

  1. Anda bisa mengecek semua indikator pada  speedometer, usahkan semuanya normal.
  2. Cek kondisi bahan bakar. Usahakan untuk membeli bahan bahar sebelum hari H keberangkatan sehingga jika diputuskan berangkat pagi buta, motor sudah sip dan tinggal langsung berangkat tanpa perlu ke SPBU terlebih dahulu.
  3. Cek kondisi oli mesin pada motor, apakah masih bagus untuk digunakan atau olinya habis. Jika habis, Anda bisa menambahkan atau mengganti dengan yang baru.
  4. Jangan lupa juga untuk ganti dan cek cairan pendingin mesin (radiator).
  5. Cek juga lampu utama (headlamp/lampu bagian depan), sein bagian depan belakang, serta lampu rem apakah sudah menyala dengan normal. Jika tidak normal, Anda bisa memperbaikinya terlebih dahulu.
  6. Horn juga perlu dicek. Apabila horn konslet, Anda bisa memperbaikinya, namun jika masih aman bisa diskip.
  7. Cek juga kondisi tekanan angin pada ban motor, jika habis Anda bisa mengisi angin terlebih dahulu. Jika perlu, Anda bisa lakukan pengisian sebelum hari H keberangkatan.
  8. Cek juga kondisi kerenggangan pada rantai motor, jika diperlukan Anda bissa menyetel agar pas dan tambahkan juga pelumas.

Selain hal diatas yang telah disebutkan, yang lebih penting adalah jangan lupa untuk berdo’a sebelum touring, meminta do’a restu pada orang tua agar lebih barokah serta selamat sampai tujuan.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum touring menggunakan motor. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 6 =