3 Persiapan Penting Sebelum Mudik Menggunakan Motor

motorku.net – Musim mudik lebaran sebentar lagi menyapa, segala persiapan pun harus dilakukan untuk pulang kampung. Tidak terkecuali kondisi kendaraan yang akan dipakai untuk mudik, baik sepeda motor maupun mobil. Khusus pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor, harus lebih ekstra hati-hati, karena perjalanan yang akan ditempuh cukup jauh dan akan bertarung dengan bis serta mobil.

Untuk itulah, keamanan motor tentu saja menjadi lebih rentan dibandingkan dengan mobil, kurang kehati-hatian pengendara, kurangnya persiapan pada motor itu sendiri, hingga lalu lintas yang sangat padat bisa mengakibatkan malapetaka pada perjalanan.

Untuk menghindari hal tersebut, hendaknya kita selalu memperhatikan dan mengutamakan faktor keamanan selama perjalanan, dan jangan lupa untuk mempersiapkan kendaraan dengan maksimal.

Berikut akan dibahas beberapa persiapan untuk mudik, diantaranya :

1. Persiapan Motor

service motor secara menyeluruh

Yang harus diperhatikan adalah persiapan motor itu sendiri. Jenis motor yang biasa digunbakan oleh pemudik bisa beragam dari motor bebek, motor besar hingga motor matic, langkah yang harus dipersiapkan pada umumnya sama, seputar kesiapan motor untuk di pacu dalam waktu yang lama, diantaranya :

  • Lakukan Service Menyeluruh

    Jalan yang akan dilalui pemudik tentu akan berbeda dengan perjalanan harian seperti biasa. Pada saat mudik, mesin motor akan bekerja lebih keras, utamanya karena kondisi lalu lintas yang padat dan macet.

    Maka dari itu, lakukan service menyeluruh, meliputi ganti oli, busi, filter-filter, saringan udara, kampas rem dan lain sebagainya. Untuk jenis motor matic, perhatikan juga kondisi belt dan juga kopling transmisi, karena bagian ini rentan panas dan slip pada saat bermacet-macetan.

  • Periksa Kondisi Ban Dan Kaki-Kaki

    Ban motor sangat memengaruhi keamaan dalam berkendara, untuk itu jangan paksa ban yang sudah tidak layak atau gundul untuk mudik. Begitu pula bagian kaki-kaki, shockbreaker, velg, pastikan masih maksimal menahan beban.

  • Periksa Sistem Kelistrikan

    Jangan sampai melewatkan memeriksa kondisi kelistrikan motor, meliputi aki dan pengisiannya, kabel-kabel, aneka penerangan, dan lain sebagainya.

2. Persiapan Fisik Pengendara

istirahat saat mudik

Mudik dengan menggunakan motor juga akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan berkendara sehari-hari. Karena jarak yang jauh beberapa persiapan agar kondisi tubuh fit dilakukan :

  • Cukup Istirahat

    Sebelum melakukan perjalanan pastikan tubuh fit, istirahat cukup, dan perbanyak asupan vitamin.

  • Lakukan Istirahat Secara Berkala

    Jangan memaksakan kondisi tubuh yang sudah lelah saat perjalanan mudik. Anda bisa beristirahat sejenak untuk melepas lelah di POM bensin atau masjid.

  • Bawa Persiapan Perbekalan

    Bawalah obat-obatan, vitamin, persiapan telekomunikasi dan lain sebagainya.

3. Perlengkapan Penting

perkakas motor

Ada bebrapa barang penting yang harus dipersiapkan untuk dibawa saat mudik menggunakan motor :

  • Peralatan Service

    Kunci-kunci seperti obeng, kunci busi, tang, hingga kotak P3K haruslah tersedia pada motor sebagai langkah antisipasi pada saat mengalami kondisi darurat di perjalanan.

  • Peralatan Keamanan

    Sediakan emergency lamp atau lampu emergency untuk mengantisipasi jika mengalami kondisi darurat di malam hari. Selain itu jas hujan dan masker juga diperlukan untuk menghadapi cuaca yang berkurang bersahabat.

  • Perlengkapan Berkendara

    Pastikan juga pengendara dan penumpang menggunakan perlengkapan yang menunjang untuk menempuh perjalanan menggunakan motor. Seperti jaket yang cukup tebal, celana jeans, sepatu, sarung tangan dan paling penting gunakan selalu pelindung kepala atau helm yang mampu menjaga dengan aman.

Demikian beberapa persiapan dan juga tips untuk melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan motor. Sertai juga dengan senantiasa berdo’a memohon perlindungan kepada yang maha kuasa selama menempuh perjalanan hingga sampai tempat tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 11 =